Minggu, 08 Februari 2015

BISNIS LELE

BRANI USAHA LELE,GAGAL ADALAH AWAL DARI KEBERHASILAN.

Seorang pengusaha lele di BANDUNG ini menjadi heboh namanya.Lantara dia hanya seorang ibu rumah tangga yang bekerja sampingan.Beliau berhasil berbisnis lele organik di sela-sela kerepotanya sebagai ibu rumah tangga.





Awalnya ibu ini sejujurnya merasa takut melihat lele-lele itu,tapi dia sudah pernah tau bahwa dengan usaha ternak lele ini bisa meraup hasil yang sangat menguntungkan.Jadinya dia memberanikan diri untuk beternak lele-lele ini.
 
Beliau sebelumnya juga pernah mengikuti kursus ilmu berbisnis tentang ikan lele.Dengan ilmu yang didapatnya itu ibu rumah tangga ini mulai melakukan usahanya.Dia juga tau bahwa harga lele ini lebih murah ketimbang harga-harga ikan lainya,misalnya harga daging sapi,kambing,ayam dll.

Tetapi usaha lele ini juga harus meraup banyak tenaga kerja,selain hasilnya yang cepat menghasilkan,pemasaranya yang mudah dan juga pemeliharaanya oula jug tidak sulit alias mudah,kata ibu Rosa Rosalita yang sudah mempunyai 3 anak ini.

Beliau juga menerangkan bahwa dalam usaha ternak lele ini juga harus tau penyakit-penyakit yang ada pada ikan lele misalnya penyakit radang kulit pada lele.Akan tetapi ibu ini sudah punya pengobatan herbal untuk menjaga kualitas ikan lele-lelenya itu.

Dan ternak lele tidak susa-susah amat dan juga tidak terlalu gampang.Asalkan di rawat dan di tekuni dengan baik pasti akan menghasilkan jika panene kelak.Investasinya terjangkau dan untuk benih dalam sebulan sudah bisa di panen. Sedangkan untuk jual daging masa panen cukup singkat yakni tiga bulan. Lele sangkuriang ini merupakan perbaikan genetik melalui silang balik antara induk betina lele dumbo generasi kedua (F2) dan jantan lele dumbo generasi keenam (F6).

Untuk pemasaranya mudah,bisa di restoran-restoran,hotel,pasar-pasar dll.

Beliau juga menerangkan bahwa lele-lele yang di kolamnya ituk tidak pernah di suntik dan juga tidak pernah di bersihkan pakai formalin,jadi ikan lelenya sehat jika di konsumsi.Dan juga mengandung Omega 3 yang bisa mencerdaskan otak.

Diterangkan pula oleh ibu Rosa bahwa untuk sekali panen dalam empat kali pemijahan benih atau musim telur maka dalam sebulan dia bisa menghasilkan 60-80 ribu ekor benih. Ukuran benih usia 1 bulan-35 hari sudah mencapai 7-8 cm dengan harga per ekor bibit Rp 250. Nah siapa mau ikut mengekor kesuksesan Ibu Rosa dalam bisnis ternak ikan lele ini???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar